FAD Dapati Remaja Merokok Ketika Sedang Kampanyekan Aksi Stop Merokok

TVTABALONG.COM – Perilaku merokok yang lazimnya dilakukan orang dewasa, kini sudah marak dilakukan kalangan remaja bahkan anak-anak. Padahal dampaknya negatif merokok tidak hanya bagi perokok aktif, tetapi juga perokok pasif yang berada di sekitarnya.

Forum Anak Daerah (FAD) saat mengkampanyekan ganti rokok dengan permen 7 Maret lalu, bahkan menemukan anak yang tengah merokok. Anak usia belasan tahun yang kedapatan merokok ini, beralasan merokok dilakukannya karena mengikuti teman-temannya.

Baca Juga :Gaungkan Aksi Stop Merokok, FAD Bagi-Bagi Permen Ke Warga

 “ikut teman, karena kumpul-kumpul ada teman merokok” ucapnya

“dapat uang dari usaha sendiri

“bahayanya tau untuk diri sendiri bisa menyebabkan jantung, alasan nya merokok karena ikut-ikutan saja”lanjut remaja tersebut

Ketua FAD Tabalong, Alifa bersama temannya mengakui, banyak anak-anak sekolah yang dimuinya merokok, terutama saat pulang sekolah.

 “kalau saya kena asap rokok pasti batuk, fan gak cuman saya aja, orang-orang di sekitar pasti terganggu kalau kena asap rokok” ujar Alifa

“anak-anak sekolah banyak yang ngerokok, biasa kita lihat selepas pulang sekolah” timpal pelajar lainnya Ihya Rifandi

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB, Selviati, mengaku prihatin atas tindakan merokok yang dilakukan remaja dan anak-anak. Pasalnya aksi merokok memiliki dampak buruk yang sama, baik bagi perokok aktif maupun pasif.

 “baik anak atau dewasa mereka sudah mulai berpikir untuk tidak merokok, karena merokok itu mempunyai efek yang sama, baik itu pemakai lebih lagi pada perokok pasif” jelas Selviati

Selviati menambahkan menekan perilaku merokok memerlukan kesadaran masing-masing individu. Selain itu menurutnya, keluarga juga berperan besar dalam mengarahkan anak-anak agar terhindar dari aktivitas merokok.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: