Embung Air Di Desa Nawin Ditargetkan Dapat Mengairi 90 Hektar Sawah

TVTABALONG.COM ā€“ Inilah embung air di Desa Nawin RT. 9 Kecamatan Haruai, yang dibangun pada 2018 lalu. Untuk memastikan embung air rampung, Bupati Tabalong bersama pihak terkait meninjau ke lokasi pada 31 Januari lalu.

Pembangunan embung air di desa ini untuk mendukung pertanian warga sekitar, khsusnya di musim kemarau. Pasalnya selama ini petani menerapkan sistem pertanian tadah hujan dan hanya dapat melakukan satu kali tanam.

Kepala Dinas PUPR Tabalong, Muhammad Noor Rifani menjelakan, embung ini mampu menampung sekitar 8 ribu meter kubik air. Jumlah ini diperkirakan dapat mengairi sekitar 90 hektar sawah warga sekitar, sehingga warga dapat melakukan 2 kali tanam dalam setahun.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani optimis, ketersediaan embung ini dapat mendukung peningkatan kesejahteraan para petani sekitar. Ia menilai, dengan ketersediaan air, para petani bahkan dapat melakukan hingga 3 kali masa tanam.

Bupati Anang menambahkan selain di Desa Nawin, kementerian PUPR juga telah menyetujui pembangunan embung di 14 titik di Kabupaten Tabalong. Hal tersebut untuk mempermudahan masyarakat dalam bercocok tanam.

Reporter : Normansyah | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: