Home Tabalong Hari Ini DWP Kemenag Tabalong Gelar IVA Test & Sadanis

DWP Kemenag Tabalong Gelar IVA Test & Sadanis

by tabalong hari ini
0 comment

Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, melakukan kegiatan tes IVA dan Sadanis. Yakni pemeriksaan untuk mendeteksi kanker servik atau kanker leher rahim, dan pemeriksaan payudara klinis, untuk mendeteksi kanker payudara pada perempuan. Kegiatan dilakukan pada 10 Agustus 2022, di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong.

Kegiatan ini serentak dilaksanakan Kementerian Agama di seluruh Indonesia. Berdasarkan rekap data dari Kemenag Tabalong, saat dimulai kegiatan pada jam 8 sampai jam 10 pagi, sebanyak 60 perempuan dari ruang lingkup Kemenag Tabalong dan dari masyarakat umum yang telah memenuhi persyaratan, melakukan tes IVA dan Sadanis.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Tabalong, Novia Agustina Sahidul Bakhri mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti pemeriksaan kemungkinan dapat terus bertambah. Pasalnya kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk mendeteksi dini kanker payudara dan kanker serviks pada perempuan.

“Tujuannya untuk mendeteksi kanker servik kemudian kanker payudara sejak dini, jadi dengan adanya pemeriksaan ini bisa dideteksi lebih awal kemudian bisa ditindak lanjuti kalau misalnya ada yang terdeteksi, jadi ada pencegahan dari awal dulu,” tutur Novia.

Terselenggaranya kegiatan tes IVA dan Sadanis ini berkat dukungan dari semua pihak, seperti masyarakat umum serta Dinas Kesehatan Tabalong yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan.

“Atas dukungan semua pihak khusus nya dinas kesehatan yang telah mendukung petugas-petugas tenaga kesehatan yang akan melaksanakan kegiatan hari ini kami ucapkan terimakasih, termasuk masyarakat yang ikut kegiatan hari ini kami ucapkan terimakasih,” ungkap Sahidul

Baca Juga  Kemenag Tabalong Buka Pengambilan Air Zam-Zam bagi Jamaah Haji

Melalui kegiatan tes IVA dan Sadanis ini , para perempuan dapat mendeteksi lebih dini mengenai kanker servik dan kanker payudara pada dirinya, sehingga apabila terdeteksi positif maka dapat ditangani dengan cepat, sehingga menurunkan risiko buruknya.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment