Dukung Gerakan Tuntas, YABN Beri Bantuan Alat Cetak WC

TVTABALONG.COM – Pada peluncuran Gerakan Bebas Tuntas, Yayasan Adaro Bangun Negeri(YABN)  berikan bantuan berupa 12 alat cetak WC, bagi perwakilan kader desa yang ada di Tabalong.

Alat cetak WC, diserahkan langsung presiden direktur PT Adaro Energy, Garibaldi Boy Thohir, kepada tiga orang perwakilan kader desa.

Pemberian bantuan,dimaksudkan agar desa yang belum terbebas dari buang air besar sembarangan, atau Open Defacation Free (ODF), dapat membuat WC secara mandiri dirumahnya masing-masing.

Baca Juga : Pemkab Tabalong & PT Adaro Energy Luncurkan Gerakan “Tuntas”

Sehingga masyarakat setempat dapat menggunakan WC tersebut untuk keperluan buang hajad, dan sejenisnya.

Salah seorang kader penerima bantuan, Zainuddin, menuturkan, sebelumnya ia dan sebagian warga desa tempat tinggalnya, masih menggunakan jamban di sungai karena tidak memiliki WC pribadi di rumah.

Direktur YABN, Okty Damayanti mengatakan, bantuan alat cetak WC, hanya salah satu upaya agar Tabalong bebas BABS.

Akan tetapi hal terpenting demi mewujudkan program tersebut ialah, mengubah paradigma masyarakat agar berpola hidup sehat serta dapat menjaga lingkungan dengan tidak buang air besar sembarangan.

YABN menilai, alat cetak WC dapat menekan biaya pembuatan WC,karena masyarakat tidak perlu lagi membeli peralatan. Sedangkan bahan bangunan, bisa didapat dari dana desa maupun dana pribadi.(tvtabalong.com-Syarif)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: