Dr. Wahyu Wibowo : Perkebunan & Pertanian Layak Jadi Tumpuan Pertumbuhan Ekonomi Tabalong

Pengamat Ekonomi Dr. Wahyu Wibowo menilai sektor perkebunan & pertanian bisa jadi tumpuan pertumbuhan ekonomi di Tabalong

TVTABALONG.COM  – Pemerhati ekonomi Tabalong Dr. Wahyu Wibowo mengatakan, sudah sewajarnya pandangan perekonomian di Tabalong, yang bertumpu pada sektor pertambangan, bergeser ke sektor non tambang.

Hal tersebut sesuai dengan kondisi saat ini, dimana tren sektor tambang terus mengalami penurunan, serta sektor ini bukan merupakan sektor jangka panjang yang akan terus ada.

Wakil Ketua II Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Muhammad Nafis yang berlatar belakang pendidikan ekonomi manajemen ini  menilai, sektor non tambang yang juga layak menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi di Tabalong, ialah sektor perkebunan dan pertanian.

Sektor ini dinilai cocok dan sesuai, lantaran potensinya telah ada, dan didukung kondisi geografis kabupaten Tabalong, yang berbatasan dengan tiga provinsi sekaligus di Kalimantan.

Wahyu menambahkan, industri pengolahan juga patut dikembangkan.

Hanya saja, sektor ini memerlukan analisis kebutuhan yang lebih mendalam agar hasil industri benar-benar diserap pasar.

Baca Juga : Pemkab Akan Genjot 5 Sektor Non Tambang Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Wahyu mengingatkan, tujuan utama masyarakat non tambang dapat tercapai jika didukung dengan pengembangan lembaga pendidikan yang berorientasi di sektor non tambang, hingga menarik minat masyarakat maupun pelaku usaha, untuk turut serta mendukung pengembangan perekonomian non tambang.

Penulis : Muhammad Rais | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: