DPRD Tabalong Minta Kemen PUPR Perbaiki Jalan Nasional Tanjung-Kaltim

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Untuk mendukung keberadaan IKN di Kalimantan Timur, Kementerian PUPR RI terus menggenjot peningkatan jalan nasional di Kabupaten Tabalong. Jalan nasional yang dimaksud ialah jalan sepanjang 81 kilometer, dari perbatasan Kabupaten Balangan hingga Provinsi Kalimantan Timur.

Melalui APBN tahun 2022, Kementerian PUPR kembali menganggarkan Rp 48 milyar , untuk peningkatan beberapa titik jalan nasional tersebut. Hal ini diketahui saat Wakil Ketua 2 DPRD Tabalong, Komisi Tiga DPRD Tabalong, dan Dinas PUPR Tabalong, melakukan kunjungan kerja ke bidang bina marga kementerian PUPR, pada 21 Juni 2022.

Ketua Komisi 3 DPRD Tabalong, Supoyo mengatakan, meski anggaran peningkatan jalan sudah ada, namun beberapa titik jalan yang dinilai urgent belum terakomodir, yakni jalan Mangkupum 6 km, Lumbang – Jaro 4 km, dan Garagata – Batu Babi 4 km. Pihak DPRD Tabalong pun mengusulkan, peningkatan jalan dianggarkan dengan cara melakukan Contract Change Order (CC)) jika dana masih mencukupi.

“Jadi untuk yang di 2022, itu belum dianggarkan. Cuma ada proyek yang ini nanti mau direvisi. Apakah itu harus di CCO untuk tahun ini, diubah kesana atau seperti apa. Itu nanti teknisnya wilayah dari PUPR Bina Marga sendiri, dan itu sudah kami sampaikan.” kata Supoyo

Pasca ke Kementerian PUPR, Wakil Ketua 2 DPRD Tabalong dan Komisi 3 DPRD Tabalong juga melakukan kunjungan kerja ke Komisi 5 DPR RI. Pada kunker kali ini, DPRD Tabalong meminta dukungan Komisi 5 DPR RI, terkait usulan peningkatan jalan yang sebelumnya disampaikan ke Kementerian PUPR.

Wakil Ketua Komisi 5 DPR RI, Syaifullah Tamliha, turut mendukung usulan tersebut, namun usulan harus dilengkapi dengan dokumen tertulis dari kepala daerah. Pasalnya kini usulan pembangunan tertib administrasi karena di supervisi oleh KPK, sehingga usulan tidak dapat hanya secara lisan. Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi 3 DPRD Tabalong, Dahli, usai Rapat Paripurna DPRD Tabalong, pada selasa 28 Juni 2022.

“Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk ke depannya nanti yang mana yang akan diusulkan. Jadi kami nanti akan berkoordinasi dengan Dinas PU, mana-mana saja jalan-jalan kita yang perlu diperbaiki atau diusulkan ke pemerintah pusat, terutama jalan nasional.” kata Dahli

Dahli menambahkan, peningkatan Jalan Nasional menuju Kaltim perlu dilakukan, mengingat kelas jalan saat ini kurang memadai untuk angkutan berat yang setiap hari melintas. Ia juga menilai, peningkatan jalan akan menopang perekonomian masyarakat, dan menyongsong IKN. (Alfi Syahrin).

Related Articles

Leave a Comment