Home / DPRD Tabalong / DPRD Optimis Raperda Kabupaten Layak Anak Selesai Agustus 2019

DPRD Optimis Raperda Kabupaten Layak Anak Selesai Agustus 2019

TVTABALONG.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabalong, bersama Dinas DP3AP2KB dan Bagian Hukum Setda Tabalong, tengah membahas rancangan peraturan daerah, tentang Kabupaten Layak Anak (KLA), pada Selasa 9 juli 2019, di ruang rapat Komisi 1 DPRD Tabalong.

Secara umum, Raperda KLA bertujuan untuk menjamin perlindungan dan pemenuhan hak anak, termasuk anak berkebutuhan khusus atau difabel melalui transformasi konsep hak anak.

Konsep tersebut akan dimasukkan kedalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan, agar anak dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas P3AP2KB, Selviati mengharapkan, agar Raperda KLA dapat segera disahkan menjadi Perda, karena dengan adanya perda tersebut, maka dapat menunjang penilaian Kabupaten Layak Anak di tahun 2020.

 “jelas itu akan menunjang Kabupaten Layak Anak kalau misalnya memang Raperda ini sudah ditetapkan maka akan digunakan pada tahun 2020” kata Selvi

“nilainya pun akan meningkat yang semula tahun ini kita hanya mendapatkan nilai 5 kalau kita sudah memiliki perda yang ditetapkan maka nilainya adalah 30”  jelasnya

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Tabalong, Maksum Dahlan optimis, dapat menyelesaikan pembahasan Raperda KLA sebelum berakhirnya masa jabatan DPRD Tabalong periode 2014-2019.

Insya Allah ini akan selesai sebelum masa berakhirnya jabatan kami di DPRD kabupaten Tabalong 2014-2019 yaitu pada tanggal 11 Agustus 2019” ujar Dahlan

Selanjutnya jika Raperda tersebut telah ditetapkan menjadi Perda, diharapkan SKPD terkait dapat bekerjasama untuk menjalankan Perda guna memenuhi hak anak di Tabalong.

Sherly Nova Arianti

Check Also

Pacu Kreativitas & Inovasi Lewat Lomba Inovasi Produk

TVTABALONG.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: