DPRD Dukung Keberadaan Pasar Agribisnis Kembang Kuning

by tabalong hari ini
0 comment

Wakil Ketua DPRD Tabalong, Jurni, turut meninjau kegiatan Pasar Pertanian Agribisnis, Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai, pada 31 Agustus 2022. Wakil rakyat dari daerah pemilihan utara ini menilai, wilayah utara Tabalong berpotensi, sebagai wilayah penghasil pertanian di Tabalong.

Jurni mengatakan, pihaknya turut berupaya mengoptimalkan pasar agribisnis, dengan menganggarkan tiga lokasi lahan gratis untuk para petani di tiga desa berbeda, yang telah di koordinasikan melalui SKPD terkait, dengan syarat petani tersebut harus menjual hasil panennya di Pasar Agribisnis. Dalam waktu dekat pihaknya juga berencana melakukan kesepakatan dengan SKPD terkait, untuk merangkul para Petani Tabalong, khususnya yang berada di wilayah utara. Ia pun optimis Tabalong dapat menghidupkan Pasar Agribisnis untuk menjadi pasar grosir besar yang mampu bersaing dengan kabupaten tetangga.

“Kalau kami dari DPRD sudah ada menganggarkan ke SKPD yang membidangi ini untuk ada pembebasan lahan pak untuk desa-desa, tahun ini kalau ngga salah ada 3 desa, Desa Nawin karena ini tempatnya dekat dengan Nawin, Desa Bongkang dan Desa Wirang, supaya nanti orang yang mau menanam sayur maksud kita anak-anaknya mungkin minatnya tinggi tapi tidak memiliki lahan pak, nah jadi kalau ada lahan yang seperti itu tapi mereka di wajibkan ketemunya menjualnya di sini pak”

Jurni menambahkan, jika terdapat lahan gratis atau tidak dipungut sewa, ia yakin petani dapat menjual hasil panennya lebih murah di Pasar Agribisnis. Hal ini pun berdampak pada meningkatnya minat masyarakat untuk membeli hasil pertanian yang lebih murah, baik sebagai pemakai atau untuk di jual kembali di Pusat Kota Tabalong.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment