DPRD Kalsel Dorong Perkembangan Alsintan Tabalong

TVTABALONG.COM – Untuk mengembangkan dan mengevaluasi alat pertanian di kalimantan selatan, Komisi II DPRD Provinsi Kalsel,  memantau alat mesin pertanian (Alsintan) berupa perontok padi yang dikembangkan industri kecil menengah di Kabupaten Tabalong.

Menurut  Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Suwardi Sarlan, dengan harga Rp 7,9 juta hingga Rp 8,5 juta, alsintan perontok padi relatif dapat dengan mudah dimiliki para petani secara berkelompok, karena harganya yang masih terbilang ekonomis di kalangan petani.

Suwardi juga mengaku optimis, jika diadopsi secara luas di Kabupaten Tabalong bahkan di seluruh Kalsel, alsintan ini dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja para petani secara signifikan.

 “ini sangat luar biasa, karena hasil karya orang banua yang ini dipakai dan dimanfaatkan oleh banyak orang” kata Suwardi

“tentu kita dorong, jadi bagaimana kedepannya kita menambah IKM nya atau nanti menambah alatnya. Bahkan tadi ke SNI kita dorong” tambahnya

“karena ini kan terkait dengan kepercayaan”

Lebih lanjut Suwardi mengharapkan, agar adanya penambahan industri kecil menengah dalam memproduksi alat mesin pertanian di Tabalong, dan mengupayakan lisensi SNI terhadap alsintan, agar dapat menigkatkan elektabilitas kepada masyarakat.

Normansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: