DPRD Akan Tekan Jumlah Tenaga Kerja Asing, Yang Dianggap Persempit Peluang Tenaga Kerja Lokal

TVTABALONG.COM – Komisi I DPRD berencana akan tingkatkan pengawasan terhadap tenaga kerja asing di Tabalong. Pengawasan ini untuk menekan  jumlah tenaga kerja asing, yang disinyalir akan mempersempit kesempatan kerja tenaga kerja lokal.

Peraturan tentang perizinan penggunaan tenaga kerja asing di Indonesia, telah diatur dalam Peraturan Presiden nomor 20 tahun 2018. Dalam Pepres tersebut dijelaskan bahwa setiap pemberi kerja bagi tenaga kerja asing, harus mengutamakan tenaga kerja Indonesia pada semua jenis jabatan yang tersedia. Hal tersebut berarti jabatan tenaga kerja asing, hanya dapat menduduki posisi yang belum dapat diduduki tenaga kerja Indonesia.

Menyikapi hal ini, anggota Komisi I DPRD Tabalong Edeward Hilmi mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait, akan kembali melakukan pemeriksaan  tenaga kerja asing di beberapa perusahaan di Tabalong.

Pemeriksaan untuk memastikan penggunaan tenaga kerja asing, sesuai dengan Peraturan Presiden. yaitu hanya menduduki posisi yang tidak bisa dikerjakan oleh tenaga kerja Indonesia, dan sesuai dengan dokumen atau izin dari pemerintah.

Edeward menjelaskan tenaga kerja asing yang yang tidak sesuai dengan aturan, dapat merugikan masyarakat lokal. Dikarenakan  kesempatan kerja bagi tenaga kerja lokal semakin sempit.

Edeward mengharapkan perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing di Tabalong lebih transparan, dan dapat melaporkan tenaga kerja asing sesuai dengan fakta di lapangan. Hal tersebut untuk mengurangi tenaga kerja asing ilegal di Tabalong.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: