Home DPRD DPMPD Upayakan Alokasi Pelatihan Bagi Kepala Desa

DPMPD Upayakan Alokasi Pelatihan Bagi Kepala Desa

by tabalong hari ini
0 comment

Keinginan Komisi Satu DPRD Tabalong agar kepala desa mendapat pelatihan pengembangan, dan pengelolaan potensi desa, sejalan dengan program DPMD Tabalongm program pelatihan tersebut akan diajukan ke Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Banjarmasin.

Hal tersebut diketahui saat rapat kerja antara Komisi Satu DPRD Tabalong, dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong, pada Senin 27 Februari 2023, di Sekretariat DPRD Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Sekretaris DPMD Tabalong Suparman yang ditemui usai rapat mengatakan, permintaan pelatihan pengembangan dan pengelolaan potensi desa bagi kepala desa, akan disampaikan secara langsung ke Perwakilan Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Banjarmasin, yang berkunjung ke Tabalong pada Selasa 28 Februari 2023.

Pihaknya berharap seluruh biaya pelatihan nantinya dapat ditanggung Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Banjarmasin.

“Alhamdulillah memang sudah seiring dan sejalan, dan alhamdulillah sudah ada respon, kedepan memang kami akan mencoba peningkatan kapasitas untuk aparatur desa, dan juga kami menginginkan bahwa peningkatan kapasitas potensi desa yang di danai dana desa itu juga menggunakan narasumber dari Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Banjarmasin,” kata Suparman.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Satu DPRD Tabalong Rini Irawanty mengatakan, pelatihan bagi kepala desa penting dilakukan agar setiap desa mampu mengembangkan potensi yang ada, terlebih untuk menyambut ibukota negara baru.

Baca Juga  Jelang Lomba OSN, Disdik Tabalong Bekali Ratusan Guru Pembimbing

“Saya berharap semua desa yang ada di Kabupaten Tabalong dalam menyambut ibukota negara yang akan pindah ke Panajam Paser Utara, ini berfungsi menjadi manfaat bagi masyarakat kita di Kabupaten Tabalong, dan tentunya berawal dari kepala desanya paham apa potensi masing-masing desa yang bisa digali hingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan, mandiri desa itu penting dan berpengaruh bagi masyarakat di desa,” kata Rini.

Sekedar diketahui, selain usulan pelatihan bagi kepala desa, sebelumnya jajaran DPMD Tabalong telah berkoordinasi dengan Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Banjarmasin untuk memperoleh alokasi anggaran pelatihan bagi pengurus Bumdes. Dari hasil koordinasi tersebut, Tabalong mendapat alokasi peningkatan kapasitas pengurus Bumdes sebanyak 30 orang tahun 2023.

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment