DP3AP2KB & TP PKK Tabalong Berikan Layanan Iva Test Gratis

TVTABALONG.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Tabalong, kembali bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Tabalong, untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kanker serviks gratis, di sekretariat PKK Tabalong.

Pemeriksaan yang dilakukan pada 11 Desember lalu ini,diikuti 120 orang peserta yang merupakan kader posyandu, PHBS, LBS, hingga masyarakat umum, dari 12 kecamatan se Tabalong.

Pemeriksaan kanker serviks ini sendiri, untuk mendeteksi kanker secara dini, agar penderita yang positif kanker, dapat segera mendapatkan penanganan medis, karena kanker serviks atau kanker leher rahim, memiliki gejala yang minim, sehingga hanya dapat dirasakan ketika sudah memasuki kategori parah.

Tidak hanya pemeriksaan, dalam kesempatan ini, DP3AP2KB juga mengedukasi peserta tentang pentingnya deteksi dini kanker leher rahim, terutama untuk menyelamatkan kaum perempuan dari penyakit mematikan tersebut.

Ketua Tim Penggerak PKK Tabalong, Syarifah Syifa menekankan kaum perempuan untuk rutin memeriksakan diri.

Ia mengatakan pemerintah akan terus berupaya, menjalankan aksi layanan gratis ini, yang dicanangkan menjadi kegiatan tahunan, sehingga dapat memfasilitasi semua kaum perempuan di Tabalong.

Pendeteksian kanker serviks sendiri dapat dilakukan di puskesmas dan bidan di desa atau kelurahan masing-masing.

Pemeriksaan akan berlangsung singkat, dengan hasil yang akurat.

Penulis : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: