DP3AP2KB : Peran Perempuan Dalam Jabatan Publik Mulai Diperhitungkan

TVTABALONG.COM – Berdasarkan data dari DP3AP2KB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB), di tahun 2017, presentase perempuan di Tabalong yang bekerja adalah 59,5 persen. Sedangkan angkatan kerja tingkat partisipasi 61,20 persen, dan kedudukan di parlemen sebanyak 23,3 persen.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Karmiani menilai kedudukan perempuan di sejumlah jabatan publik ini, menjadi pewujudan kesetaraan gender yang selama ini pihaknya perjuangkan. Menurutnya perempuan kini sudah mulai diperhitungkan dan diakuai suaranya sebagai pemangku ataupun pengambil kebijakan.

Karmiani menambahkan, meski persentasi kedudukan perempuan di parlemen belum sepenuhnya mencapai target 30 persen. Tetapi jumlah ini cukup mewakili pemenuhan gender yang selama ini diupayakan.

Sedangkan presentase kesetaraan gender tahun 2018 sat ini belum diterima DP3AP2KB dari pihak terkait. Sehingga pihaknya belum bisa memastikan jumlah kenaikan presentase kesetaraan gender. Tetapi Karmiani berharap, kesetaraan gender di jabatan publik dapat terus meningkat.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: