DP3AP2KB Gencar Berikan Pemahaman Soal Konvensi Hak Anak

TVTABALONG.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong, tengah gencarnya menyuarakan pemenuhan hak anak.

Hal tersebut dilakukan untuk menjadikan Tabalong, sebagai kabupaten layak anak. Salah satunya melalui pelatihan Konvensi Hak Anak, pada 65 orang perwakilan instansi pemerintahan, perusahaan, sekolah, hingga lembaga swadaya masyarakat, yang digelar 4 April 2019 di Aula BKPP Tanjung Selatan, Mabuun.

Melalui pelatihan ini, para peserta diberikan pemahaman terkait konvensi hak anak, atau 10  hak dasar anak yang disepakati dunia. Seperti hak bermain, pendidikan, identitas, perlindungan, kebangsaan, makanan, akses kesehatan, rekreasi, kesamaan, hingga hak anak untuk berperan dalam pembangunan.

Berdasarkan data yang dihimpun DP3AP2KB, konvensi hak anak yang sudah maksimal dilaksanakan di Tabalong salah satunya hak untuk mendapat identitas, yaitu melalui penerbitan akta kelahiran.

Sedangkan indikator lainnya, menurut pelaksana tugas kepala DP3AP2KB, Sarjono, masih belum berjalan maksimal. Sehingga diharapkan peserta yang hadir, dapat menyusun kegiatannya ke arah untuk memenuhi hak anak.

“Tentunya tidak lepas dari 6 hak utama anak, yaitu hak sipil, pelindungan khusus, kesehatan, pendidikan, keluarga, ini yang harus dipenuhi, dan harus kita capai” kata Sarjono

“Sebagai contoh, Dari hak sipil kita baru mendapat poin bagus di penerbitan akta, untuk informasi layanan layak anak ini masih belum tersentuh”

Peserta pelatihan pun mengakui, di sejumlah kantor pelayanan publik terdapat fasilitas ramah anak. Selain pelayanan publik, area perkantoran lain juga dinilai perlu didukung fasilitas ramah anak, seperti tempat bermain. Pasalnya saat ini tak jarang orang tua membawa anaknya ke tempat kerja.

“ada beberapa teman yg membawa anak ke kantor, memang temapt khusus untuk anak belum ada, tetapi perilaku menyenangkan untuk anak kami penuhi” ujar Fitriana

“ paling tidak mungkin disediakan ruang bermain anak agar tidak menggangu orang tua saat bekerja”

Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong percepatan pemenuhan konvensi hak anak agar tersebar merata di semua kalangan. Sehingga upaya DP3AP2KB Tabalong untuk menjadikan Tabalong sebagai kabupaten layak anak terwujud. Terlebih saat ini Pemkab menargetkan Tabalong dapat memperoleh penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tingkat Nindiya.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: