DP3AP2KB Ajak Pasangan Usia Subur Pakai KB

by tabalong hari ini
0 comment

Adanya layanan pemasangan KB implant gratis, mendapat tanggapan positif masyarakat Tabalong. Pasalnya pemasangan implant dinilai sebagai langkah efektif untuk mencegah kehamilan, dengan pemasangan yang cepat dan mudah.

Pelayanan pemasangan metode kontrasepsi jangka panjang berupa implant bagi pasangan usia subur di Tabalong, mendapat antusias dari para penerima.

Seperti yang terpantau di balai penyuluhan KB Kecamatan Murung Pudak, 19 Januari 2023, sebanyak 30 pasangan usia subur melakukan pemasangan baru implant satu batang, dan lepas pasang implant dua batang bagi akseptor lama.

Salah seorang Warga Kelurahan Mabu’un yang mengikuti pemasangan KB implant, endah mengakui, sebelumnya ia telah menggunakan alat kontrasepsi berupa suntik kb selama 9 tahun, namun memiliki efek samping bagi tubuh. Dan kini ia mulai mencoba menggunakan KB implant untuk mencegah kehamilan, terlebih saat ini ia telah memiliki 5 orang anak.

“Jujur de-deg an cuma kita berserah karena ini untuk kebaikan diri kita sendiri juga dijalani, ternyata simple dan mudah ternyata. Tidak berasa sama sekali mungkin karena di bius tapi mungkin nya efeknya tidak seperti yang ditakutkan orang banyak simple sekali dan cepat” katanya.

Sementara itu, Koordinator Balai Penyuluhan KB Kecamatan Murung Pudak Mimi Sumiarti, mengimbau kepada masyarakat terutama pasangan usia subur, untuk tidak takut menggunakan kb implant sebagai alat kontrasepsi. Pasalnya kb implant pemasangan nya yang cepat dan mudah, dan juga memiliki efektivitas 99 persen untuk mencegah atau menunda kehamilan.

“Harapan nya kedepan mudah-mudahan masyarakat lebih berminat untuk pemakaian KB MKJP, karena pemakaian nya itu kan jangka panjang jadi bisa mengatur jarak selama minimal 3 tahun,” harapnya.

Pelaksanaan pelayanan pemasangan kb implant gratis bagi pasangan usia subur , dengan kategori usia dari 15 sampai 49 tahun , merupakan program pemerintah yang digelar serentak se-Indonesia selama 3 hari sejak 17 Januari hingga 19 Januari 2023.

Untuk Tabalong sendiri program tersebut digelar di 5 kecamatan yakni , Kecamatan Murung Pudak, Tanta, Tanjung, Pugaan, dan Upau, yang menyasar ratusan akseptor dengan prioritas pemasangan implant satu batang untuk akseptor baru.

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment