Dorong Pengunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang, DP3AP2KB Berikan Pelayanan ke Desa

TVTABALONG.COM – Keikutsertaan pasangan usia subur di Tabalong, dalam ber-KB cenderung meningkat. Sayangnya KB yang dimaksud merupakan alat kontrasepsi jangka pendek.

Sedangkan menurut Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan KB (DP3AP2KB), metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP), lebih efektif menekan pertumbuhan laju penduduk.

Untuk mengedukasi masyarakat terkait MKJP, DP3AP2KB pun kembali berikan layanan KB ke desa-desa.

Pada 29 Agustus lalu, DP3AP2KB bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten menyasari wilayah utara Tabalong, tepatnya Desa Bilas Kecamatan Upau, dan Desa Muara Uya Kecamatan Muara Uya, untuk berikan layanan KB yang sebelumnya, telah diminta warga setempat.

Kepala bidang KB ketahanan dan kesejahteraan keluarga DP3AP2KB Tabalong, Zainal Hasan, mengatakan, sasaran utama layanan KB ke desa, ialah daerah yang capaian MKJP nya masih rendah.

Selain berikan layanan KB, saat turun ke desa, pihaknya juga berikan edukasi pada masyarakat tentang kontrasepsi jenis MKJP

Zainal menambahkan, kepesertaan MKPJ paling minim di Tabalong saat ini adalah wilayah selatan Tabalong, yang meliputi Kecamatan Kelua, Pugaan, Banua Lawas, dan Muara Harus.

Purnamasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: