Home / Tabalong Hari Ini / Lingkungan / DLH Tabalong : Limbah B3 Medis Bisa Jadi Peluang Bisnis

DLH Tabalong : Limbah B3 Medis Bisa Jadi Peluang Bisnis

TVTABALONG.COM – Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, limbah B3 medis yang dihasilkan oleh fasilitas pelayanan kesehatan mencapai 4 ton perbulannya. Sedangkan untuk limbah B3 secara umum mencapai 10 ribu ton.

Namun sayangnya tidak semua fasilitas pelayanan kesehatan di Tabalong, dapat mengelola limbah B3 medis secara mandiri. Saat ini di Tabalong hanya RSUD Badaruddin Kasim, yang memiliki perlengkapan pengelolaan limbah B3 medis secara menyeluruh.

Baca : DLH Minta Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kelola Limbah B3

Sedangkan limbah B3 yang dihasilkan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, masih menumpang ke RSUD Badaruddin Kasim. Dan sebagian lagi mengirimkan limbah B3 medis, ke pihak ketiga yang berada di luar kota.

Kasi Pengelolaan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Iid Abdul Wahid mengatakan, banyaknya limbah B3 medis yang dihasilkan fasilitas layanan kesehatan di Tabalong, menjadi peluang bisnis baru, yang menguntungkan. Terutama dalam sektor pengelolaan limbah B3 medis secara menyeluruh.

sebenarnya ini dari segi ekonomis kalau untuk lmbah medis ini justru menjadi ladang bisnis”kata Abdul Wahid

“kalau misalkan ada yang berminat, biasanya sangat-sangat menguntungkan. Misalkan dari pengolahan inseminator atau yang memiliki incenerator satu kilonya dikalikan dengan 50 sampai 100 ribu dikali 4 ribu kilo.

“Bisa dibayangkan dalam sebulan itu dapat dihasilkan berapa dari segi ekonomisnya” kata Abdul Wahid lagi

Fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskemas dan sebagian klinik kesehatan swasta, saat belum bisa mengelola limbah B3 medis secara menyeluruh. Namun tetap mengelola limbah B3 medis, dengan cara mneyediakan tempat yang sesuai aturan, sebelum dimusnahkan di mesin incenerator di RSUD Badaruddin Kasim, dan pihak ke tiga.

Reporter : Sherly Nova Arianti | Redaktur : Hendriyani

Check Also

TPA Desa Bongkang Beroperasi Akhir 2019

TVTABALONG.COM – Guna memastikan rencana pembangunan tempat pemrosesan akhir TPA di Desa Bongkang Kecamatan Haruai, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: