DLH Kalsel : Jakstrada Penanganan & Pengurangan Sampah Jadi Hal Dasar Penilaian Adipura Tahun Ini

TVTABALONG.COM – Dokumen Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) mengenai penanganan dan pengurangan sampah, menjadi hal mendasar yang harus dipenuhi daerah, dalam penilaian Adipura tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, saat pembinaan teknis Adipura tahap satu, 26 Maret lalu di pembataan.

Saat ini Tabalong telah memiliki Jakstrada terkait penanganan dan pengurangan sampah, yang telah disosialisasikan ke berbagai kalangan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, B3 dan Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Benny Rahmadi, menilai, Jakstrada harus mampu mengurangi volume sampah yang dihasilkan, sehingga indikator pengelolaan sampah mendapai penilaian baik.

“syukur Alhamdullilah Tabalong sudah 3 tahun berturut-turut memperoleh Piala Adipura, tinggal bagaimana nanti mempertahankan yang sudah baik dan meningkatkan komponen-komponen yang masih kurang” kata Benny

“ada 3 komponen yang penilaiannya masih kurang. Diantaranya hal-hal yang berkenaan dengan pasar, kemudian pengelolaan sampah induk di Kabupaten, bank sampah induk dan proses pengolahan sampah di Kabupaten. Ini hal mendasar yang penilaiannya masih kurang di Kabupaten Tabalong” jelas Benny lagi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice mengatakan, tahun ini DLH akan fokus meningkatkan pengolahan sampah. Serta mendorong pengelolaan sampah, baik yang dikelola DLH maupun swadaya masyarakat, agar mendapat penilaian terbaik.

“memang di pengolahan sampah masih perlu ditingkatkan lagi, di sekolahan misalnya, terus di perkantoran kemudian di Pasar juga.” kata Rowi

“Kalau untuk yang lain-lain, saya lihat sudah cukup bagus nilainya” sambungnya

Rowi mengakui pengurangan sampah merupakan hal berat, yang membutuhkan kerjasama antara pemerintah daerah dan masyarakat.

Tahun lalu Dinas Lingkungan Hidup menargetkan penanganan sampah sebanyak 73 persen, dengan capaian 64 persen. Selain  itu pengurangan sampah ditargetkan 18 peesen, dengan capaian 5 persen.

Reporter : Normansyah | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: