Dispersip Tabalong Siapkan Mesin Pemusnah Berkas

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, tengah mempersiapkan pemusnahan arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Salah satunya dengan menggelar rapat pada 27 Juli 2022 di Kantor Dispersip Tabalong.

Sebelumnya di Tahun 2021, Bidang Kearsipan Dispersip Tabalong telah melakukan penilaian pada 4.440 berkas yang diusulkan untuk dimusnahkan. Dari hasil penilaian, 1.811 berkas dinyatakan layak untuk dimusnahkan. Sedangkan sisanya akan disimpan dalam ruang penyimpanan arsip dengan keterangan permanen.

Sesuai standar, pemusnahan arsip tidak boleh dilakukan dengan cara dibakar karena menyebabkan polusi. sehingga pemusnahan akan dilakukan dengan mesin khusus yang saat ini sudah dimiliki Dispersip Tabalong.

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekarang sudah, memilki mesin pencacah arsip. Mesin ini tujuannya untuk memusnahkan arsip yang sudah kami lakukan penilaian arsip yang ada di record center pada tahun 2021, arsip tersebut dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong. Rencananya penggunaan mesin ini akan dilaunching oleh Bupati Tabalong pada Bulan Agustus ini,” tutur Rahma Norita, Kabid Pengelolaan Arsip Dispersip Tabalong.

Pihak Dispersip pun berharap, seluruh unit kerja pemerintahan di Tabalong memiliki sarana dan prasarana kearsipan seperti record center, yang berfugsi sebagai ruangan khsus menyimpan, memelihara serta mengelola arsif inaktif. Sehingg memudahkan penilaian arsip, jadwal retensi arsip, dan sistem klasifikasi keamanan serta akses arsip dinamis.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment