Diskop Ajak Warga Banua Lawas Bentuk Koperasi Guna Kembangkan Usaha

TVTABALONG.COM – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Tabalong, memberikan pemahaman prinsip-prinsip perkoperasian, kepada warga Desa Habau Kecamatan Banua Lawas, pada Senin 8 April lalu.

Melalui pemahaman perkoperasian ini, para petani di Desa Habau diharapkan dapat mengembangkan usahanya dengan membentuk koperasi.

Pasalnya selama ini, selain bertani warga Desa Habau juga menggeluti pekerjaan di sektor perikanan tambak dan perkebunan, namun belum maksimal untuk mensejahterakan warganya.

Padahal sektor perikanan tambak patin yang dikelola warga di desa ini tergolong besar. Karena saat musim panen, desa ini mampu menghasilkan hingga 4 ton ikan patin.

Warga Desa Habau RT VI, Ahmad Mubarak menyambut baik sosialisasi perkoperasian ini. Ia bersama warga lainnya pun tergerak untuk mendirikan koperasi agar dapat mengembangkan usaha para petani di Desa Habau Kecamatan Banua Lawas.

memang kita kepengen mengadakan koperasi di Desa Habau dan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat ini” kata Mubarak

memang ada kendala di masyarakat untuk mengembangkan perikanan ini, diantaranya uangnya untuk membeli pakan, itu kendala yang paling berat bagi masyarakat”

“lewat koperasi ini mungkin bisa membantu mengembangkan perikanan, harapannya seperti itu”

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Tabalong, Muhammad Faisal mengatakan, selain mensosialisasikan ilmu perkoperasian, pihaknya siap melakukan pembinaan. Sehingga manfaat koperasi benar-benar dirasakan warga.

itu tergantung kepada masyarakat sendiri, kita hanya memberikan pemahaman dulu kalau mereka misalkan tertarik dengan sistem koperasi untuk mereka, maka kita akan menindaklanjuti” jelas Faisal

“setelah ini mereka akan berpikir dulu, artinya ada yang paham dan tidak, yang paham, kalau  mereka bergabung menjadi satu, mereka akan membentuk pengurus bayangan, mereka mengadakan pemilihan sendiri, membentuk sendiri dulu, baru nanti kita pandu lagi”

Tahun ini Dinas Koperasi dan UKM Tabalong akan mensosialisasikan ilmu perkoperasian di 5 wilayah di Tabalong. Sehingga diharapkan dapat menggerakkan warga membentuk koperasi, untuk kesejahteraan anggota.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: