Dishub Tabalong Minta Pemudik Cek Kelayakan Angkutan

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Momen kemenangan di hari yang fitri, seringkali dipergunakan masyarakat untuk mudik, bertemu sanak keluarganya di kampung halaman. Namun di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, pastikan kalian sudah divaksin primer dan booster ya, agar melindungi diri sendiri dan keluarga yang dikunjungi.

Kemudian sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan kondisi air, listrik, dan kompor gas sudah mati, serta rumah terkunci dengan aman. Periksa juga kelayakan dan keamanan kendaraan bermotor yang akan digunakan, ampun dah kalo sampai mogok ditengah jalan.

Bagi pemudik yang ingin menggunakan moda transportasi umum seperti bis, dapat menggunakan fasilitas terminal yang disiapkan pemerintah. Pastikan juga bis yang kalian tumpangi sudah memperoleh stiker uji kelayakan.

 “Silakan menggunakan fasilitas yang disiapkan pemerintah itu melalui terminal-terminal tipe A dan silakan dilihat apabila bis itu sudah ada stiker angkutan layak, nah itu berarti unit itu sudah layak secara fungsi kendaraan bermotornya.” Kata Tumbur P. Manalu, Kepala Dishub Tabalong.

Tumbur menyarankan, agar pemudik memulai perjalanan lebih awal, pasalnya apabila mendekati hari raya atau h minus dua, arus lalu lintas semakin padat. Pastikan juga kesehatan tubuh kalian dalam kondisi prima, siapkan obat-obatan pribadi, dan atur jadwal istirahat selama di perjalanan.

Di era digitalisasi ini, para pemudik dapat memanfaatkan media sosial untuk mengecek rute perjalanan yang akan ditempuh. Pemudik dapat mengetahui secara langsung kondisi terkini di rute tersebut, memperkirakan waktu tempuh, serta mengetahui lokasi fasilitas kesehatan dan rest area yang tersedia. (Alfi Syahrin).

Related Articles

Leave a Comment