Disdukcapil belum bisa layani penambahan penghayat kepercayaan di E-KTP, ini sebabnya


TVTABALONG.COM – Meski keputusan MK nomor 97 tahun 2016, dan Permendagri nomor 177 tahun 2017 tentang penambahan penghayat kepercayaan di E-ktp telah dikeluarkan. Tetapi hingga saat ini disdukcapil belum bisa melayani perubahan data kependudukan tersebut.

Keputusan Mahkamah Konstitusi nomor 97 tahun 2016, dan Permendagri nomor 177 tahun 2017, menyatakan status penghayat kepercayaan, dapat dicantumkam dalam kolom agama, di kartu keluarga dan ktp elektronik tanpa perlu merinci aliran kepercayaan yang dianut.

Sebelumnya kolom agama di ktp elektronik hanya ada enam, yaitu agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Setelah adanya keputusan MK tersebut, kolom agama di ktp elektronik bertambah yaitu, kepercayaan pada tuhan yang maha esa.

Kepala bidang pelayanan pendaftaran penduduk Disdukcapil Tabalong, Husaini menuturkan, untuk saat ini, Disdukcapil Tabalong belum bisa melayani perubahan data tersebut. Karena disdukcapil masih menunggu aplikasi dari kemendagri siap.

Husaini menambahkan, pihaknya akan mensosialisasikan perubahan tersebut, ke berbagai wilayah di Tabalong yang menganut penghayat kepercayaan. Sedangkan pemohon yang ingin melalukan perubahan data, diharuskan mengisi blangko surat permohonan pernyataan perubahan agama, menjadi kepercayaan kepada tuhan yang maha esa.

(Syarif Hidayat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: