Disdikbud Tabalong Ajak Peserta Didik Main Permainan Tradisional

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Pendidikan Tabalong mengajak seluruh satuan pendidikan untuk memanfaatkan permainan tradisional di sekolah. Hal ini menyusul maraknya permainan lato-lato di wilayah Tabalong.

Sejak beberapa waktu lalu, fenomena permainan lato-lato kembali mewabah ke seluruh wilayah di Indonesia tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Tabalong, Permainan yang berbahan plastik padat dan menghasilkan suara khas tersebut, umumnya dimainkan oleh anak-anak.

Namun bagi sejumlah pihak, permainan tersebut dinilai memberikan dampak yang kurang baik jika dilakukan di lingkungan dan waktu yang kurang tepat, seperti di lingkungan sekolah. Bahkan tidak jarang permainan ini juga dianggap berbahaya bagi anak-anak.

Menanggapi hal ini Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong, Taufikurrahman mengajak seluruh satuan pendidikan untuk mendorong para peserta didik memainkan permainan tradisional.

Pasalnya permainan tradisional selain memiliki nilai hiburan, permainan tersebut juga dinilai lebih bermanfaat serta mengandung nilai-nilai budaya yang perlu untuk dilestarikan.

“Jadi yang terpenting proses pembelajaran di sekolah berjalan dengan lancar dan anak-anak terlayani dengan baik, dan kalau itu terjadi lato-lato tidak akan menjadi persoalan.” katanya.

Taufik menambahkan, saat ini Dinas Pendidikan Tabalong belum mengeluarkan kebijakan khusus terkait permainan lato-lato di sekolah. Hanya saja pihaknya memberikan otoritas penuh kepada seluruh satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Tabalong, untuk memperbolehkan atau melarang adanya permainan lato-lato di sekolah.

Meski keputusan diserahkan kepada satuan pendidikan taufik menekankan sejauh proses pembelajaran di sekolah berjalan lancar, maka permainan lato-lato bukan hal yang harus di khawatirkan.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment