Home Editor's Picks Dinkes Tabalong Imbau Jamaah Haji Penuhi Syarat Vaksinasi Meningitis

Dinkes Tabalong Imbau Jamaah Haji Penuhi Syarat Vaksinasi Meningitis

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Kesehatan Tabalong mengimbau agar jamaah haji yang belum divaksin untuk mengikuti giat vaksinasi terakhir. Ini menyusul masih adanya sejumlah jamaah haji yang belum bervaksin meningitis.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Tabalong, Muhammad Aris, saat dikonfirmasi usai rapat persiapan keberangkatan haji Tabalong pada Rabu, 17 Mei 2023, di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong.

Menurut Aris, vaksin meningitis penting diberikan kepada jamaah haji karena vaksin meningitis merupakan salah satu syarat wajib bagi jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.

Mengingat vaksin meningitis dinilai mampu mencegah penyakit meningitis yang menyebabkan peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang.

Oleh sebab itu, Aris mengimbau jamaah haji yang belum divaksin meningitis agar mengikuti giat vaksinasi terakhir pada Selasa, 23 Mei 2023, di Puskesmas Hikun.

“Hari Selasa karena hari Senin tanggal 22 ada kerjaan manasik, jadi kita geser ke tanggal 23. Mudah-mudahan calon jamaah yang belum tervaksin, berkumpul semua disitu dan bisa kita rampungkan semuanya,” ujar Muhammad Aris, Kabid P2P Dinkes Tabalong.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Tabalong melaksanakan giat vaksinasi meningitis selama 3 hari berturut-turut, dari tanggal 15 sampai dengan 16 Mei 2023. Giat vaksinasi dilaksanakan di wilayah utara, selatan, dan tengah, sehingga memudahkan jamaah haji yang berdomisili jauh dari perkotaan.

Baca Juga  Lantik Ratusan PPPK, Sekda Pinta ASN Bertanggung Jawab dan Loyal

Diketahui, jamaah haji Tabalong yang akan berangkat tahun 2023 ini berjumlah 435 jamaah. Para jamaah haji ini masuk dalam kelompok terbang atau kloter 2 dan kloter 13 Embarkasi Banjarmasin. Sebanyak 330 jamaah kloter 2 akan berangkat tanggal 29 Mei 2023 dan 145 jamaah kloter 13 akan diberangkatkan tanggal 14 Juni 2023.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment