Dinkes Sasar Pemeriksaan TBC Ke Ponpes Al Madaniyah Jaro, Ini Sebabnya

TVTABALONG.COM – Secara serentak, pada 21 Maret 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Kota se Indonesia melakukan pemeriksaan tuberkulosis pada masyarakat. Hal tersebut turut dilakukan Dinas Kesehatan Tabalong. Pemeriksaan TBC, dilakukan di Pondok Pesantren Al Madaniyah Jaro.

Pondok pesantren sengaja dipilih menjadi sasaran pemeriksaan TBC. Karena biasanya santri berada di asrama dengan lingkungan padat penghuni. Hal tersebut dinilai dapat dengan mudah menularkan penyakit TBC.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie menjelaskan, pemeriksaan TBC untuk kondisi lingkungan bebas dari penyakit menular ini. Pasalnya asarama menjadi salah satu tempat yag potensial dalam penularan penyakit TBC.

“para santri yang tinggal satu asrama itu rentan sekali terjadi penularan TB, karena TB Ini penularannya lewat batuk, jadi orang di sekitarnya yang kontak serumah, berisiko tertular” jelas dr. Taufiq

Pemeriksaan TBC dilakukan bagi 60 orang santri di ponpes ini. Dari hasil pemeriksaan 2 orang santriwati diduga mengidap TBC. Tetapi Dinas Kesehatan akan memastikan kembali hasil tersebut melalui uji laboratorium.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: