DINKES: Jangan Takut Bervaksin COVID-19 Booster Dosis Kedua

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Kesehatan Tabalong minta masyarakat untuk tidak khawatir mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis booster kedua. Pasalnya meski vaksin primernya berbeda namun dosis yang diberikan akan disesuaikan.

Pemberian vaksinasi COVID-19 dosis booster kedua untuk masyarakat umum sudah dimulai sejak 24 Januari 2023 di Kabupaten Tabalong.

Dimana saat ini tersedia jenis vaksin Pfizer dan Zifivax untuk kebutuhan booster kedua tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie saat dikonfirmasi di ruang kerjanya menjelaskan, kedua jenis vaksin tersebut dapat digunakan sebagai booster karena sudah mendapat izin dari BPOM.

Meski sebelumnya ada masyarakat yang menerima vaksin dengan jenis berbeda, seperti sinovac, astra zeneca, moderna, janssen, dan sinopharm, namun booster yang diberikan akan disesuaikan dosisnya.

“Nanti petugas akan mengerti kok, jadi masyarakat tidak perlu mempersoalkan jenis vaksinnya maupun dosisnya karena itu petugas sudah dilatih untuk itu, tinggal partisipasi dan kemauan masyarakat untuk mendapatkan vaksin.” katanya.

Taufik menambahkan , untuk akselerasi cakupan vaksinasi di Tabalong per tanggal 24 Januari 2023, tersedia sebanyak 190 vial vaksin yang terdiri dari jenis Pfizer 85 vial, dan Zifivax 105 vial. Yang mana satu vial vaksin jenis Pfizer berisikan 6 dosis vaksin untuk dosis satu dan dua, atau 12 dosis vaksin untuk dosis ketiga dan keempat. Sedangkan satu vial vaksin jenis Zifivax berisikan satu dosis vaksin, dan hanya untuk booster, atau dosis ketiga serta keempat.

Sekedar diketahui , masyarakat dapat memperoleh vaksin secara langsung di COVID Center RSUD Haji Usman Dundrung Tanjung mulai pukul 8.30 hingga 11.30 setiap hari kerja , sedangkan di Puskesmas Hikun, Mabuun, Kelua, Haruai, Wirang, dan Jaro masyarakat dapat ber vaksin COVID-19 dengan mendaftar terlebih dulu.

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment