Home / Tabalong Hari Ini / Peternakan / Dinas Pertanian : Ketersediaan Inseminasi Buatan di Tabalong Cukup Banyak

Dinas Pertanian : Ketersediaan Inseminasi Buatan di Tabalong Cukup Banyak

TVTABALONG.COM – Sebanyak 647 bantuan inseminasi buatan telah diterima oleh Dinas Pertanian Tabalong. Bantuan inseminasi ini diberikan oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari 600 lebih bantuan yang diterima, terdapat delapan jenis inseminasi buatan sapi dan kambing yang berbeda, diantaranya jenis sapi bali, sapi limosin, sapi simental, sapi angus, sapi PO, dan sapi brahman, sementara untuk jenis kambing, etawa dan boer.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Tabalong, Saswoko mengatakan, saat ini ketersedian inseminasi buatan di Tabalong masih cukup banyak. Untuk itu diimbau kepada masyarakat yang ingin mengawinkan ternak sapi ataupun kambingnya, agar segera melapor ke petugas peternakan yang ada di kecamatan.

3 bulan yang lalu  dapat sekitar 600 an ( inseminasi buatan), baru-baru ini juga dapat segitu. Jadi ada sekitar 1200”kata Saswoko

“jumlah ini cukup, masyarakat tak perlu khawatir”

“kalau masyarakat punya indukan kambing, jadi harus melihat atau meneliti ciri-ciri kambing minta kawin, kemudian tinggal lapor pada petugas setempat, agar dilakukan kawin suntik”tambahnya

Lebih lanjut Saswoko menjelaskan, program kawin suntik atau inseminasi buatan ini merupakan program dari pemerintah. Untuk itu program ini digratiskan bagi peternak sapi dan kambing.

Normansyah

Check Also

Seminar Pengelolaan Penyakit Tanaman Hortikultura Jadi Upaya Pencepatan Pembangunan Sektor Pertanian

TVTABALONG.COM – Akibat kondisi cuaca yang sering berubah, tanaman hortikultura berisiko lebih tinggi terserang hama …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: