Dinas Lingkungan Hidup Tabalong Sebut Kualitas Udara di Tabalong Alami Peningkatan

TVTABALONG.COM – Berdasarkan hasil pemeriksaan indeks kualitas udara, yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup pada tahun 2017 lalu, kualitas udara di Tabalong mengalami peningkatan yang lebih baik. Indeks kualitas udara di Tabalong pun, dinilai masuk dalam kategori sangat baik.

Pemeriksaan kualitas udara, dilakukan menggunakan metode passive sampler, dua tahun sekali di empat titik lokasi. Seperti daerah perkantoran, daerah padat lalu lintas kendaraan bermotor, pemukiman, dan industri.

Kepala bidang pemantauan kualitas lingkungan, DLH Tabalong, Haris Fakhrozi menerangkan, nilai indeks kualitas udara Tabalong, tahun 2017 mengalami peningkatan ke arah perbaikan, dari pada tahun 2016, yaitu sebesar 6,58 point. Dimana tahun 2016 lalu, sebesar 82,84 sedangkan tahun 2017 menjadi 89,42.

Haris menambahkan, peningkatan kualitas udara ke arah positif ini, diduga kuat karena sejumlah faktor, yang dilakukan pemerintah daerah bersama masyarakat. Seperti kondisi hutan yang masih terlindungi, pembangunan ruang terbuka hijau, penanaman pohon di sisi dan median jalan, serta angkutan kota gratis, yang mengurangi kendaraan bermotor.

Masuk dalam kategori sangat baik, artinya tingkat kualitas udara tidak memberikan efek buruk,  bagi kesehatan manusia atau pun hewan. Serta tidak mempengaruhi tumbuhan, bangunan, atau pun nilai estetika daerah.

Normansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: