Dinas Kesehatan Ajak Para Santri Kenali Gejala Awal TBC

TVTABALONG.COM – Tuberkulosis merupakan penyakit yang menyerang paru-paru. Penyakit ini berasal dari serangan virus mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang semua kalangan usia. Pasalnya penularan penyakit ini dapat melalui udara dari partikel cairan yang dikeluarkan saat batuk.

Untuk itulah Dinas Kesehatan Tabalong memberikan pembekalan pada para santri terkait gejala awal TBC, serta dampak TBC bagi penderitanya. Hal tersebut dilakukan agar para santri dapat melakukan pendeteksian awal jika terserang TBC, sehingga mengurangi dampak buruk bagi penseritanya.

Gejala awal penderita TBC adalah batuk yang berkepanjangan, dan sulit dihentikan. Selain itu suhu tubuh penderita juga meningkat, serta banyak berkeringat di malam hari.

Penderita TB sering merasa lelah, dan kulit memucat. Penderita juga akan kehilangan nafsu makan, sehingga berdampak pada menurunnya berat badan.

Saat merasakan gejala tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie menyarankan agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Pasalnya penyakit ini hanya bisa dideteksi dengan pemeriksaan laboratorium.

“Kalau ada batuk yang lebih dari satu minggu, jangan dianggap biasa” imbau dr. Taufiq

“harus segera memeriksakan ke fasilitas kesehatan, terutama puskesmas” tegasnya lagi

Penderita TBC dalam kondisi parah, dapat mengganggu pernapasan hingga batuk berdarah. Serta dapat menyebabkan penderitanya kehilangan nyawa. Penderita ini perlu penanangan medis, untuk menekan penyebarannya.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: