Home Editor's Picks Dihadapan Menko PMK, Bupati Anang Paparkan Upaya Penanganan Stunting

Dihadapan Menko PMK, Bupati Anang Paparkan Upaya Penanganan Stunting

by tabalong hari ini
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani paparkan upaya penurunan angka stunting di Tabalong kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendi, pada Kamis 16 Februari 2023. Dalam paparan tersebut Bupati Anang yakin Tahun 2024 angka stunting di Tabalong nol.

Di hadapan Menko PMK, Bupati Anang bersama jajaran Pemkab Tabalong memaparkan sejumlah upaya penanganan stunting di Tabalong sehingga berhasil secara konsisten menurunkan angka stunting dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam paparan tersebut Bupati Anang menyampaikan, berdasarkan data riset kesehatan dasar atau Riskesdas dan studi status gizi indonesia atau SSGI pada Tahun 2022 angka prevalensi stunting Tabalong berada pada angka 19,7 %, angka ini mengalami penurunan sebesar 8,4 % dari Tahun 2021 .

Sedangkan jika dilihat dari sumber data elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat atau E-PPGBM, angka prevalensi stunting Tabalong berada pada angka 7,89 % di Tahun 2022.

“Khusus untuk angka stunting pak, kami sisa 1.300 balita, dan insya Allah di akhir Tahun 2023 target penurunan kami minimal 10 % lagi, sehingga paling tidak pada akhir 2024 kami bisa me nol kan angka stunting di Kabupaten Tabalong,” ucap Bupati Anang.

Selain itu, terwujud nya penurunan angka stunting di Tabalong juga ditunjang dengan rekomendasi dari BKKBN RI tentang pentingnya bapak dan bunda asuh anak stunting. Dan Kabupaten Tabalong sudah melaksanakan bapak dan bunda asuh ini kepada 1.300 balita, sehingga asupan gizi bagi para balita dapat teratasi.

Baca Juga  Final Nawin Cup 2022, BAS FC Menang Telak Atas Marindi FC

Selain membahas isu stunting, dalam pertemuan yang dikemas melalui kegiatan roadshow secara daring bersama Menko PMK Muhajir Effendi yang diikuti kepala daerah dari 13 Kabupaten, Kota se Kalimantan Selatan, juga dibahas penanganan kemiskinan ekstrim di Tabalong .

Muhammad Ariadi, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment