Dibanding UNKP, UNBK Dinilai Punya Banyak Keunggulan, Apa Saja?

TVTABALONG.COM – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dinilai memiliki sejumlah keunggulan. Atas dasar tersebut, Dinas Pendidikan Tabalong berencana menerakan UNBK bagi seluruh SMP di Tabalong.

Dengan menggunakan sistem UNBK, potensi keterlambatan soal lebih kecil jika dibandingkan dengan UNKP.

Sistem ini juga dinilai dapat meminimalisir tertukarnya soal, serta terhindar dari ketidakjelasan hasil cetak soal. Selain itu, UNBK tidak memiliki kerumitan pengumpulan lembar jawaban ujian nasional.

Baca Juga : Disdikbud Tabalong Targetkan Semua SMP Laksanakan UNBK

Dengan sejumlah keunggulan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Tabalong, Akhmad Rizali Noor, menilai, seluruh SMP di Tabalong harus mencoba untuk melaksanakan UNBK.

Kepala SMP Negeri 3 Kalua, Maisaroh, mengatakan, sekolahnya sudah melaksanakan UNBK tiga tahun terakhir ini. Maisaroh menilai ujian menggunakan sistem komputer lebih menghemat waktu, kelebihan lainnya, pengamanan dan penyediaan logistik UNBK juga lebih mudah.

Selain itu, hasil ujian nasional bisa diumumkan lebih cepat jika melalui UNBK. Sehingga siswa memiliki lebih banyak waktu, untuk mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebing tinggi.

Reporter : Rulyandi Rahman | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: