Dewan Minta Adaro Komitmen Soal Ganti Rugi Lahan Warga Upau

by admintv
0 comment
Rapat Dengar Pendapat DPRD & Adaro

Rapat Dengar Pendapat (RDP) soal sengketa lahan antara PT Adaro Indonesia dengan masyarakat Desa Kaong Kecamatan Upau kembali digelar DPRD Tabalong.

Dalam RDP kedua ini, PT Adaro Indonesia berjanji akan mendatangkan langsung tim aprraisal dari pusat untuk melakukan sensus sekaligus perhitungan hasil ganti rugi tanam tumbuh milik warga.

Hasil perhitungan tersebut nantinya tetap akan mengacu pada SK Bupati Tabalong yang telah ditetapkan sebelumnya.

Anggota DPRD Tabalong, Ferry Elpeni, yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, jika dalam proses perhitungan appraisal ada ditemukan perbedaan dengan SK-Bupati, pihaknya bakal kembali memanggil kedua belah pihak.

“Mereka menyampaikan, apabila hasil dari appraisal ada perbedaan dengan perbup, itu ada klausal mereka akan mendiskusikan kembali. Jadi itulah tadi usulan dari perusahaan, apabila ada perbedaan dari hasil appraisal, mereka akan mengkaji ulang dan akan kembali berdiskusi dengan masyarakat desa upau” jelas Ferry

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tabalong, Jurni, yang memimpin pertemuan tersebut, yakin RDP tersebut merupakan yang terakhir. Dan iapun meminta keduanya berkomitmen menjalankan segala kesepakatan.

“Alhamdulillah hari ini pertemuan yang kedua kalinya sudah menghasilkan kata sepakat. Ada 6 poin artinya yang harus disepakati, pada intinya metode yang kita pakai adalah metode sensus. Kami berulang ulang kali tadi dalam rapat menyampaikan mudah-mudahan ini tidak ada lagi istilah rapat yang ketiga kalinya, kami ingin ini semua sudah clear” kata Jurni

Dalam RDP ini, kedua belah pihak juga diminta melakukan penandatanganan komitmen kesepakatan terhadap poin-poin yang dibahas dalam rapat. (Muhammad Ariadi, TV Tabalong).

Related Articles

Leave a Comment