Deteksi Dini Stunting, Keluarga Di Tabalong Bakal Didata

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Wakil Bupati Tabalong bersama Dinas P3AP2KB, Dinas Kesehatan, Bappeda Litbang, dan Dinas terkait lainnya, mengikuti kegiatan apel siaga tim pendamping keluarga bergerak secara virtual, pada 12 mei 2022, di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong. Apel siaga ini juga turut dihadiri perwakilan tim pendamping keluarga, yang terdiri dari bidan, tim penggerak PKK, dan Kader KB.

Tim pendamping keluarga sendiri dibentuk untuk melakukan serangkaian kegiatan seperti verifikasi dan validasi data terhadap keluarga yang memiliki ibu hamil, pasca bersalin, anak di bawah 5 tahun, serta calon pengantin, sebagai upaya pencegahan stunting.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tabalong, Rusmadi  menjelaskan, setelah melakukan pendataan, tim pendamping keluarga juga akan berkoordinasi kepada pihak terkait, sebagai upaya pencegahan stunting sejak dini.

“Bagi mereka secara otomatis hari ini secara serentak seluruh Indonesia bergerak untuk melakukan pendataan ke lapangan untuk melihat keadaan dan agar dapat diatasi kalau memang betul-betul pentingnya bisa diperbaiki maka mereka akan bergerak untuk mengkoordinasikan kepada seluruh yang yang berkepentingan untuk melakukan itu seperti dinas kesehatan dan sebagainya.” Kata Rusmadi

Di Tabalong sendiri tercatat saat ini memiliki tim pendamping keluarga sebanyak 192 tim. Mereka bertugas sebagai garda terdepan dalam pencegahan stunting di Kabupaten Tabalong. (Maria Ulfah).

Related Articles

Leave a Comment