Home / Tabalong Hari Ini / PKK Tabalong / Desa Habau Ditetapkan Sebagai Desa Program Terpadu P2WKSS, SDA Jadi Faktor Utama

Desa Habau Ditetapkan Sebagai Desa Program Terpadu P2WKSS, SDA Jadi Faktor Utama

TVTABALONG.COM – Tahun 2019 ini, Tabalong mengajukan 12 desa sebagai kandidat lomba P2WKSS, atau Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera. Dari 12 desa tersebut, Desa Habau Kecamatan Banua Lawas terpilih sebagai desa P2WKSS di tingkat Kabupaten Tabalong.

Terpilihnya Desa Habau sebagai Desa P2WKSS untuk tingkat kabupaten, karena desa ini dinilai memiliki potensi desa yang menonjol. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB, Karmiani mengatakan, Desa Habau memiliki bahan baku kerajinan tangan yang bernilai jual, serta telah memiliki sistem produksi kerajinan.

Baca Juga : Kunjungi Tabalong, TP PKK Kalsel Pantau Penerapan Program Pokok

“dari tim pembina, yang dilihat dari Desa Habau ini adalah bahwa potensinya sangat bagus sekali” kata Karmiani

“Memang masih butuh pembinaan-pembinaan, cuman kita liat sudah ada potensi, yaitu dengan tersedianya  bahan baku yang ada di Desa Habau”

“agar berkembang, akan kita lakukan sinergitas dengan SKPD terkait” lanjut Karmiani

Potensi Desa Habau tersebut, juga disepakati oleh tim pembina P2WKSS dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan keluarga DPPPA Kalsel, Titik Haryanti, mengatakan, dari sejumlah indikator penilaian P2WKSS, Desa Habau memenuhi kriteria, berbagai aspek, yang berpotensi dapat memacu kesejahteraan keluarga, lingkungan hingga masyarakat desa.

“secara luas penilaian kita ini ada 85 instrumen indikator” jelas Titik

“Terdiri dari beberapa bidang. Kesehatan, pendidikan, agama, informasi dan telekomunikasi. Ada kriteria-kriteria yang harus dipenuhi”

Setelah mendapat pembinaan, Desa Habau akan kembali di evaluasi sebagai desa P2WKS. Evaluasi akan dilakukan antara bulan september hingga oktober mendatang, untuk mengetahui perkembangan peran perempuan di desa ini dalam mensejahterakan keluarganya.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Check Also

DPRD Optimis Raperda Kabupaten Layak Anak Selesai Agustus 2019

TVTABALONG.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabalong, bersama Dinas DP3AP2KB dan Bagian Hukum Setda …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: