Desa Bungin Kini Miliki Poskesdes

TVTABALONG.COM – Kini warga Desa Bungin Kecamatan Banua Lawas, dapat mengakses layanan kesehatan dengan cepat dan mudah. Karena sejak 18 Februari lalu, pemerintah daerah Kabupaten Tabalong telah meresmikan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), yang diisi bidan desa selama 24 jam.

Sebelumnya warga di desa ini harus menempuh jarak sekitar 2 km untuk mendapat pelayanan kesehatan di Puskemas Banua Lawas. Kini warga sekitar dapat memanfaatkan poskesdes untuk mengakses layanan kesehatan darurat, khususnya ibu dan bayi.

“nyaman pang amun ada nang parak,jadi mun hujan nyaman kada tatunda waktu, amun anak garing nyaman parak beobat” ucap salah seorang warga Desa Bungin, Habibah

Kepala UPT Puskesmas Banua Lawas, Himawan Indaryanto mengatakan, sebelumnya Desa Bungin menjadi salah satu desa yang minim tenaga kesehatan, terutama bidan desa. Sehingga masyarakat terutama ibu hamil seringkali mengandalkan tenaga bidan kampung dalam persalinan, bukan dari tenaga medis.

“untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat, lebih dekat” ujar Himawan

“kalau sebelumnya persalinan dan layanan kesehatan lainnya hanya melalui bidan kampung saja” imbuh Himawan

“Diharapkan dengan hadirnya poskesdes, dan nanti kedepannya ditambah tenaga kesehatan mudah-mudahan pelayanannya makin meningkat” harapnya

Kepala Dinas Kesehatan, Taufiqurrahman Hamdie, membenarkan kondisi sulitnya tenaga medis di desa ini. Taufiq mengatakan sebelumnya Desa Bungin tidak memiliki tenaga medis tetap.

“untuk Desa bungin ini kan memang belum ada bidannya, kemarin kan masih dilayani bidan tetangga” jelas Taufiq

“Otomatis nanti ada bidan yang kita tempatkan di sini” tambahnya

“karena di sini tidak ada Poskedes, makanya kita bangunkan” jelas Taufiq lagi.

Ketersediaan Poskesdes di Desa Bungin ini, diharapkan dapat mencukupi kebutuhan layanan kesehatan keluarga, terutama ibu hamil dan anak-anak. Sehingga pelayanan kesehatan desa, sepenuhnya mendapat penanganan dari tenaga medis.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: