Dapur Sehat Atasi Stunting Sasar Kecamatan Kelua

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Tabalong meluncurkan Program Dapur Sehat Atasi Stunting atau DASHAT. Peluncuran dilaksanakan di Aula Kecamatan Kelua, pada 28 November 2022.

DASHAT merupakan program pemberdayaan masyarakat dalam pemenuhan gizi seimbang, bagi keluarga beresiko stunting. Baik dari calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi di bawah 2 tahun yang beresiko atau terindikasi stunting. Program DAHSAT sendiri dirancang dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang ada di daerahnya masing-masing.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi mengatakan, program DASHAT merupakan program yang saling berkesinambungan dengan program bapak-ibu asuh yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Dana yang diberikan oleh bapak-ibu asuh, dikelola kader DASHAT, untuk diberikan kepada anak yang beresiko stunting.

“DASHAT ini merupakan dapur pengelola makanan yang dapat disalurkan kepada beresiko stunting tadi, nah sedangkan bapak asuh stunting tentunya adalah merupakan pemberi bantuannya, bahannya seperti itu lah, bisa dimanfaatkan dari sana,” ujarnya.

Saat ini program DAHSAT telah diluncurkan di 3 kecamatan, yaitu Murung Pudak, Kelua, dan Muara Harus. Meski tidak semua kecamatan, namun Rusmadi mengharapkan kecamatan lainnya juga turut menjalankan program DAHSAT.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment