Belum Bisa Cairkan Dana Tahap Kedua, Desa Tanta Hulu Terkendala Perubahan Laporan

TVTABALONG.COM – Memasuki pencairan dana desa tahap ke dua  di Tabalong, ternyata masih terdapat beberapa desa yang belum bisa mencairkannya. Hal tersebut dikarenakan adanya administrasi anggaran tahun terdahulu yang belum diselesaikan pihak pengguna anggaran.

Hingga selasa 10 juli 2018, terdata 15 dari 121 desa di Tabalong yang belum bisa melakukan pencairan dana desa tahap kedua. Padahal pencairan sudah mulai dilakukan sejak bulan Mei tadi.

Salah satu desa yang belum bisa mencairkan dana tersebut, Desa Tanta Hulu Kecamatan Tanta. padahal desa ini mengaku selalu tepat waktu dalam penyelesaian laporan capaian dana desa. Namun di pencairan tahap kedua ini, Desa Tanta Hulu mengalami kendala terkait mekanisme pencairan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Tanta Hulu, Bastian mengaku, keterlambatan pencairan dana desa disebabkan karena terjadi perubahan dalam laporan kerja badan usaha milik desa. Sehingga pembuatan laporan realisasi dana desa tahun 2017 juga mengalami keterlambatan.

Kendati demikian, Bastian mengungkapkan, saat ini proses pengajuan dana desa tahap dua sedang diselesaikan. Dan diperkirakan dalam satu minggu ini pencairan tahap kedua sudah bisa lakukan.

Besaran dana Desa Tanta Hulu tahap  kedua 2018 ini mencapai Rp 272.232. 800. Dana tersebut akan difokuskan pada pembangunan fisik di tingkat desa.

(M. Rahmadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: