Daerah Terisolir, Dusun Kuwari Desa Panaan, Akan Kembali Dapatkan Bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

TVTABALONG.COM – Pemerintah daerah melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kabupaten Tabalong, akan berikan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), sebanyak 40 unit, di Dusun Kuwari Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara. Bantuan yang akan diserahkan di tahun ini, merupakan kelanjutan dari program PLTS yang diproyeksikan oleh Disperkim pada tahun 2017 lalu.

Daerah terisolir, Dusun Kuwari Desa Panaan Bintang Ara, akan kembali mendapatkan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, dalam waktu dekat. Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Disperkim, akan berikan 40 unit PLTS kepada rumah warga di dusun tersebut.

Pemkab Tabalong menganggarkan dana APBD II, sebesar Rp 450 juta untuk untuk bantuan ini. Bantuan PLTS yang akan diserahkan tahun ini, merupakan lanjutan program yang dikerjakan di tahun lalu.

Tahun lalu, Desa Salikung mendapatkan 69 unit PLTS, Desa Binjai mendapat 20 unit PLTS, dan Dusun Kuwari Desa Panaan mendapatkan sebanyak 21 unit PLTS. Dan tahun 2018 ini, Desa Kuari kembali mendapat bantuan serupa, dengan jumlah yang lebih banyak.

Kepala seksi perencanaan dan pendataan perumahan Disperkim Tabalong, Muhammad Riza Anwari menjelaskan, kapasitas daya setiap unit PLTS masih terbatas, karena hanya mampu menampung listrik sekitar 100 watt. Namun kapasitas tersebut cukup mampu untuk menyalakan 5 lampu pada malam hari, dan tv lcd di siang hari.

Riza mengharapkan, program bantuan PLTS ini terus berlanjut, karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum terlayani oleh PLN. Sehingga menjadi kewajiban pemerintah dalam membantu masyarakatnya.

(Haris Muhazir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: