Cek Dam Desa Masingai 2 Selesai Rehab, Petani Palawija Bisa Tanam di Musim Kemarau

TVTABALONG.COM – Sejak akhir tahun 2018 lalu, rehab cek dam di Desa Masingai II Kecamatan Upau ini telah rampung dikerjakan. Dam berukuran 80 kali 40 meter dengan kedalaman 2 meter ini, dijadikan sebagai sumber mata air bagi Kelompok Tani Adma Borneo.

Rehab Dam Desa Masingai II dikerjakan berfungsi untuk menampung ketersediaan air saat musim kemarau. Pasalnya para petani disini mengaku kesulitan bercocok tanam di musim kemarau, karena kekurangan sumber air.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, yang meresmikan rehab Dam Desa Masingai II, 29 januari lalu mengatakan, hasil pembangunan rehab, dapat dimanfaatkan dan dipelihara sepenuhnya oleh masyarakat. Pihak desa juga diminta untuk mengembangkan potensi tempat tersebut, guna meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Masingai II.

Sementara kepala Desa Masingai Dua, Sabar Susilo, mengatakan, sesuai hasil musyawarah bersama masyarakat, dam akan dikembangkan sebagai tempat agrowisata di tahun 2020, dengan menggunakan dana desa. Hal tersebut merupakan upaya peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Masingai II.

Dam di Masingai II akan terus dilanjutkan pembangunannya. Seperti pembuatan pintu air tambahan, serta pembuatan siring yang belum dikerjakan.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: