Cegah Stunting, Wabup Mawardi Luncurkan Program Dapur Sehat

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Wakil Bupati Tabalong meluncurkan program Dapur Sehat Atasi Stunting atau Dashat, di Kampung keluarga Berkualitas di Desa Masukau Kecamatan Murung Pudak, pada 20 Juni 2022. Dalam peluncuran program ini, Wakil Bupati Mawardi didampingi Direktorat Lini Lapangan BKKBN RI beserta jajarannya.

Program ini sendiri merupakan sosialisasi pemilihan sumber makanan yang tepat bagi calon pengantin, ibu hamil dan menyusui, serta bayi dan balita, agar terhindar dari masalahan stunting. Terutama sumber makanan yang murah dan mudah ditemui di tabalong, salah satuya beragam jenis ikan lokal. Program ini pun diharapkan dapat dilaksanakan hingga ke tingkat desa dan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Mawardi menyampaikan beberapa sinergi dan upaya Pemkab Tabalong dalam mencegah stunting. Mulai dari pencegahan perkawinan pada anak, hingga penanaman pola asupan gizi yang cukup bagi calon pengantin, ibu, hamil dan juga ibu menyusui.

“Kami juga selalu berusaha, selalu  berupaya. Bagaimana caranya supaya bagaimana stunting ini tidak ada lagi di masyarakat kita di Kabupaten Tabalong, dan mudah-mudahan keinginan pak Jokowi di tahun 2024, zero stunting.” kata Mawardi

Selain itu, sebagai upaya pencegahan stunting secara merata, Pemkab Tabalong juga mendorong seluruh camat, Kepala Desa, Puskesmas, serta pihak terkait, untuk mengaktifkan kembali sejumlah posyandu yang sempat terhenti karena pandemi covid-19. Sehingga dapat menjadi salah satu wadah dalam pencegahan stunting. (Maria Ulfah).

Related Articles

Leave a Comment