Cegah Resiko Stunting, Calon Pengantin Wajib Periksa Kesehatan

by admintv
0 comment

Hal tersebut kembali ditekankan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tabalong, Rusmadi, yang ditemui usai menghadiri acara di Aula Tanjung Puri Rabu (6/7/2022).

Menurut Rusmadi, pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin 3 bulan sebelum nikah baik di puskesmas maupun klinik kesehatan penting dilakukan sebagai upaya deteksi dini stunting.

Selain itu, dalam kurun waktu tersebut pihaknya juga dapat melakukan berbagai intervensi terhadap calon pengantin agar terhindar dari resiko stunting.

“ya kita pada saat ini tentunya sudah bergerak, dalam rangka untuk pencegahan stunting ini. Kita, khusus pada Dinas P3AP2KB yaitu melakukan dengan cara pencegahan dari hulu. Maksudnya dari hulu adalah melakukan intevensi kepada seluruh calon calon pengantin. 3 bulan sebelum dia menikah itu sudah melakukan dan memeriksakan dirinya ke puskesmas atau klinik kesehatan terdekat.” jelas Rusmadi

Rusmadi menambagkan, saat ini telah ada tim pendamping keluarga di seluruh kecamatan, yang terdiri dari bidan, kader PKK, dan kader KB yang akan mendamping keluarga selama seribu hari pertama setelah kelahiran guna pencegahan dan percepatan penurunan stunting. (Dano Nafarin)

Related Articles

Leave a Comment