Cegah Pneumonia, Imunisasi PCV Gratis Terus Digencarkan

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Kesehatan Tabalong gencar melaksanakan program imunisasi Pnemococcal Conjungate Vaccine atau Vaksin PCV yang digunakan untuk mencegah penyakit pneumonia atau radang paru-paru pada bayi.

Program imunisasi PCV telah dilaksanakan di berbagai puskesmas, posyandu dan berbagai layanan kesehatan lainnya. Imunisasi PCV sendiri dilakukan sebanyak 3 dosis yakni saat bayi berusia dua bulan, tiga bulan dan sembilan bulan.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie menuturkan, imunisasi PCV telah dilaksanakan bertahap sejak Tahun 2017, namun pelaksanaannya masih terbatas. Taufiq menilai di programkan nya imunisasi PCV untuk anak bayi dan balita saat ini adalah melihat urgen nya kasus meninggal anak yang disebabkan radang paru atau pneumonia. Tercatat saat ini terdapat 14,5 persen bayi dan 5 persen balita yang meninggal akibat radang paru atau pneumonia.

“Nah PCV ini memang efektif hanya untuk bayi dan anak tidak untuk orang dewasa nah mungkin karena pemerintah memandang ini sebuah penyakit yang berbahaya mengancam ya seperti kematian anak tadi sehingga sudah di jadikan program nasional dan jadinya gratis gitu lo, kalau dulu karena bukan merupakan program jadi mungkin di dokter anak dan lain sebagainya masih berbayar” tutur dr. Taufik

Taufiq menambahkan, imunisasi PCV tidak jauh berbeda dengan imunisasi lainnya. Ia pun mengimbau ibu yang memiliki bayi agar tidak melewatkan vaksinasi tersebut, sehingga kematian anak akibat radang paru-paru dapat diminimalisir serta menumbuhkan generasi anak yang sehat.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment