Cabai Rawit Sumbang Inflasi Tertinggi Juni 2022 Di Tabalong

by admintv
0 comment

Perkembangan harga berbagai komoditas pada bulan Juni 2022 di Kota Tanjung, secara umum menunjukkan adanya kenaikan. Berdasarkan hasil pemantauan Badan Pusat Statistik (BPS) Tabalong, pada bulan Juni 2022 Kota Tanjung mengalami inflasi sebesar 0,85 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK), dari 112,87 pada bulan Mei 2022, menjadi 113,8 pada bulan Juni 2022.

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naikknyaIHK, pada hampir seluruh indeks kelompok pengeluaran. Kepala badan Pusat Statistik Tabalong, Tri Agus Budi Prihanto menjelaskan, beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga tertinggi pada bulan Juni 2022, terjadi pada komoditas cabai rawit.

“dari inflasi yang terjadi, ada 5 komoditas terbesar yang sebagai penyumbang inflasi yaitu adalah cabai rawait, tomat, telur ayam ras, bawang merah dan beras” kata Tri Agus

Tri Agus menambahkan, juga menjelaskan komoditas yang mengalami penurunan harga di bulan juni 2022, yakni minyak goreng, ikan layang, bawang putih, udang basah dan ikan gabus. (Nova Arianti).

Related Articles

Leave a Comment