BPS & TPID Siap Kendalikan Inflasi

TVTABALONG.COM – Bulan april atau sebelum bulan ramadhan tiba, Kota Tanjung Tabalong mengalami kenaikan harga komoditas, atau inflasi sebesar 0,47 persen. Badan Pusat Statistik Tabalong memperkirakan, kenaikan harga atau inflasi, berpotensi terjadi hingga bulan mei 2019, atau bertepatan dengan bulan ramadhan.

Kepala Badan Pusat Statistik Tabalong, Tri Agus Budi Prihanto, mengatakan akan terus memantau perubahan harga suatu komoditas. Selain itu BPS juga berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah Tabalong, untuk melakukan antisipasi mencegah terjadi gejolak harga di luar kendali.

“kalau BPS sebenarnya hanya memantau perubahan harga saja dan untuk mengantisipasi itu kami biasanya  berkoordinasi dengan TPID” kata Tri Agus

“tentunya dengan dasar-dasar data ini kami berkoordinasi dan memberi masukan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya inflasi yang lebih tinggi”

Baca Juga :

Berdasarkan data BPS, setiap bulan ramadhan Kota Tanjung selalu mengalami inflasi, karena meningkatnya angka konsumsi. Sehingga secara otomatis dapat meningkatkan harga suatu komoditas.

Tri Agus pun meminta pada masyarakat untuk tidak terpaku pada satu komoditas saja. Masyarakat pun diimbau untuk tidak mengkonsumsi suatu komoditas secara berlebihan pada momen tertentu, untuk menghindari kenaikan harga disuatu komoditas tertentu.

Reporter : Sherly Nova Arianti | Readaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: