BPPSPAM Sarankan PDAM Tabalong Lakukan Penyesuaian Tarif

TVTABALONG.COM – PDAM Tabalong tahun ini tengah dalam proses penyususnan bisnis plan tahun 2019-2024. Penyusunan bisnis plan didampingi Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM).

Untuk memastikan PDAM Tabalong dapat terus beroperasi hingga lima tahun kedepan, BPPSPAM menyarankan PDAM Tabalong untuk melakukan penyesuaian tarif.

Sejak tahun 2011, tarif air bersih PDAM Tabalong belum pernah dilakukan penyesuaian. Sedangkan dalam 8 tahun terakhir, terjadi kenaikan biaya operasional, baik dari listrik maupun bahan bakar. Sehingga pendapatan tidak mampu menutupi seluruh biaya operasional.

Direktur PDAM Tabalong, Abdul Bahid, mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian perhitungan terkait saran penyesuaian tarif air minum. Pasalnya saat ini biaya produksi air bersih, mencapai 2 kali lipat dari harga jualnya.

“nah apakah itu dinaikkan langsung atau nantinya secara bertahap per enam bulan atau pertahun kayak gitukan bisa aja nanti” kata Bahid

“kita cari formulasi yang bagus yang tidak memberatkan masyarakat sebagai pelanggan”

Selain untuk keberlangsungan operasional PDAM, Advisor Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum Pusat, Muhammad Rifqie Basri, mengatakan, penyesuaian tarif juga untuk memperluas layanan PDAM hingga 80 persen masyarakat. Karena selama ini PDAM Tabalong hanya melayani sekitar 47 persen masyarakat.

“ada persyaratan bahwa PAD itu baru bisa kita bayar kalau kita untung, dan persyaratan lain bahwa dia harus mencakupi pelayanan 80 persen” kta Rifqie

“kalau kedua itu belum, kita ga boleh ngasih PAD”

Masyarakat pun diminta mengerti dan memahami, rencana penyesuaian tarif PDAM ini. Sehingga perusahaan milik daerah ini dapat terus beroperasi, dan bisa mempeluas layanannya ke masyarakat.

Reporter : Rulyandi Rahman | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: