Home / Kesehatan / BPOM HSU Jelaskan Ciri Zat Pewarna Sintetis Rhodamin B

BPOM HSU Jelaskan Ciri Zat Pewarna Sintetis Rhodamin B

TVTABALONG.COM – Dari 41 sampel makanan dan minuman yang diperiksa BPOM Kabupaten HSU dan instansi terkait, 1 diantaranya tidak memenuhi ketentuan, karena mengandung Rhodamin B atau zat pewarna sintentis. Hasil pemeriksaan ini, didapat dari dua titik  yakni Pasar Tanjung dan Murung Pudak.

Baca : BPOM HSU Gelar Operasi Terpadu Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya

Rhodamin B sendiri merupakan zat pewarna sintetis, yang bila dikonsumsi terus menerus dapat menimbukan penyakit dan membahayakan kesehatan. Penyakit yang ditimbulkan seperti gangguan pencernaan, saluran pernafasan, penglihatan mata, hingga penyakit parah kanker hati.

Untuk itu kepala Kantor BPOM HSU Bambang Heri Purwanto, meminta masyarakat agar mengenali makanan dan minuman yang mengandung Rhodamin B dari tampilan warna. Yakni dengan cara melihat warna makanan dan minuman didominasi warna merah muda.

Rhodamin B itu cirinya warnany  itu pink. Jadi kalau dia dilarutan air berwarna merah pink atau merah muda” kata Bambang

“kalau kita melihat warna pink kita curigai adalah Rhodamin b. Jadi bukan merah asli, kalau bentuk sirup biasanya kalau kena sinar matahari memancarkan warna pink berpendar”tambahnya

Lebih lanjut, Bambang menambahkan, selain melihat dari bentuk warna, dapat dipastikan dengan pengujian. Apabila masyarakat menemukan makanan dan minumam yang diduga mengandung Rhodamin B dapat segera melaporkan ke BPOM Kabupaten HSU.

Muhammad Aditya

Check Also

BPOM HSU Gelar Operasi Terpadu Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya

TVTABALONG.COM – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Hulu Sungai Utara bersama dinas terkait, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: