BPBD Tabalong Mulai Siapkan Upaya Pencegahan Karhutla

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Badan penanggulangan bencana daerah Tabalong tengah bersiap mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Pasalnya sejak April 2022, telah memasuki musim kemarau yang akan berlangsung hingga agustus 2022.

Kepala seksi pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Tabalong, Muhammad Joko mengatakan saat ini pihaknya telah mempersiapkan antisipasi karhutla. Seperti dengan menyiagakan petugas dan peralatan pemadaman.

Dalam waktu dekat BPBD Tabalong juga akan membangun posko karhutla, saat penetapan siaga darurat bencana. Hal ini akan dilakukan dengan berkonsultasi bersama bmkg terkait eprkiraan musim kemarau. Pasalnya hingga Mei 2022, masih dinyatakand alam musim pancaroba.

“tapi nanti kami mungkin, kami akan konsultasi dulu ke bmkg perkiraan cuaca ini sampai kapan untuk kemarau di daerah kabupaten tabalong dari dasar itu kami akan membuat status siaga bencana, dari dasar status siaga bencana itu, kalau ada terjadinya kebakaran hutan dan lahan akan kami buat lagi jadi naik level seperti siaga darurat bencana. Kata M. Joko, Kasi Pencegahan & Kesiapsiagaan BPBD Tabalong.

Joko juga meningatkan masyarakat Tabalong untuk tidak melakukan pembakaran lahan atau membuka lahan eprtanian dengan cara dibakar. Masyarakat juga diminta untuk melapor saat terjadi kebakaran hutan dan lahan, agar bisa segera dilakukan pemadaman. (Dano Nafarin).

Related Articles

Leave a Comment