Home Tabalong Hari IniLingkungan BPBD: Belum Ada Laporan Karhutla di Tabalong, Siaga Karhutla

BPBD: Belum Ada Laporan Karhutla di Tabalong, Siaga Karhutla

by tabalong hari ini
0 comment

Hingga awal Juni 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong masih belum menerima adanya laporan terkait kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Tabalong. Meski begitu, pihak BPBD sendiri gencar melakukan pengawasan guna mengantisipasi Karhutla.

Sebagai langkah mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Tabalong, pihak BPBD Tabalong terus melakukan pemantauan dan sosialisasi pencegahan Karhutla di masyarakat.

Pemantauan ini dilakukan dengan turun langsung ke lapangan, memantau daerah yang sulit dijangkau dan rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang sudah dilakukan adalah dengan melakukan pemantauan di Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, dan Desa Sungai Kumap, Kecamatan Muara Uya.

Kepala BPBD Tabalong, Zahirsyah Manuar, menjelaskan bahwa pemantauan ini akan terus dilakukan hingga November mendatang selama musim kemarau. Saat ini, pihaknya juga sedang menunggu keputusan Bupati tentang status kesiapsiagaan darurat bencana Karhutla.

“Ini sebenarnya kami melakukan pemantauan sampai bulan November 2023 yang akan datang, jadi sampai ini kami masih menunggu SK Bupati tentang status darurat, status kesiapsiagaan bencana Karhutla,” ujar Zahirsyah Manuar, Kepala BPBD Tabalong.

Zahir mengajak seluruh warga agar bersama-sama mencegah Karhutla di Tabalong, seperti tidak membuka lahan dengan membakar hingga membakar sampah di tempat yang dapat meluas.

Diketahui, berdasarkan data BMKG, sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan mengalami awal musim kemarau pada kisaran bulan April hingga Juni 2023, dengan puncak kemarau pada bulan Agustus 2023.

Baca Juga  Lampu Penerangan Jalan Nan Sarunai Mulai Dipasang

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment