Home Editor's Picks Beruang Liar Serang Warga Kinarum, KPH Identifikasi Keberadaan Beruang

Beruang Liar Serang Warga Kinarum, KPH Identifikasi Keberadaan Beruang

by tabalong hari ini
0 comment

Seekor beruang menyerang pasangan suami istri petani karet di Desa Kinarum, Kecamatan Upau pada Minggu pagi, 2 April 2023. Dalam kejadian ini, kedua korban mengalami luka yang cukup serius.

Dua orang pasangan suami istri Leti (60) dan Eet (70) warga Desa Kinarum Kecamatan Upau, terpaksa mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Muara Uya lantaran diserang beruang.

Kejadian ini pun dibenarkan Camat Upau, Agustian, saat dikonfirmasi via telepon belum lama tadi. Agus mengatakan penyergapan beruang terjadi saat keduanya tengah menyadap karet sekitar pukul 7.30 pagi.

“Kita mengimbau kepada masyarakat serta meminta kepada kepala desa agar paling tidak, pertama-tentunya agar warga berhati-hati terkait kegiatannya di kebun, apalagi kebunnya memasuki hutan lindung dan sebagainya. Juga kami mengharapkan agar tidak sendiri. Ini lebih kepada berkelompok dalam hal seperti itu. Selain itu, juga tentu kita ini adalah istilahnya turunnya hewan-hewan seperti ini mendekati pemukiman. Ini pertanda bahwa ekosistem mereka pun sedikit terganggu dengan kegiatan di wilayah mereka. Mungkin ini jadi warning bagi kita agar bisa menjaga ekosistem hutan dengan baik,” ujar Agustian, Camat Upau.

Menyikapi adanya serangan beruang tersebut, Kepala Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tabalong, Heriyadi, mengatakan pihaknya sudah bergerak cepat dengan turun langsung ke lapangan untuk mempelajari dan mengidentifikasi keberadaan beruang tersebut. Selain itu, KPH Tabalong juga telah berkoordinasi dengan BKSDA Kalimantan Selatan untuk melakukan penanganan.

Baca Juga  Atlet Balogo Tabalong Ikuti Seleksi ARBALPROV Pertama Kalsel

“Kami pagi tadi sudah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Hutan di Banjarbaru, dan mereka juga sudah membentuk tim. Tim ini akan segera menyusul sore atau malam ini sudah bergerak kesini, jadi insya Allah malam ini sudah sampai ke lokasi katanya,” kata Heriyadi, Kepala KPH Tabalong.

Diketahui, menurut keterangan, kejadian ini merupakan yang kedua kalinya terjadi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir di Desa Kinarum.

Masyarakat pun diminta terus waspada akan adanya serangan beruang liar lanjutan.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment