Belajar Outdoor Jadi Cara SMPN 6 Tanjung Perkuat Sekolah Adiwiyata

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Dengan semangat, para siswa di SMP Negeri 6 Tanjung, melakukan berbagai aktivitas pelestarian lingkungan. Seperti yang terpantau pada 21 Juni 2022, para siswa ini piawai dalam melakukan berbagai kegiatan menjaga lingkungan. Seperti membuat kompos, menanam bibit di kebun sekolah, menanam pohon, membuat lubang biopori hingga pengembangbiakan benih ikan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program adiwiyata yang diterapkan pihak sekolah. Dalam sebulan, pihak sekolah mengkhususkan 2 hari untuk berbagai kegiatan adiwiyata. Kepala smp negeri 6 tanjung, fitriyani berharap, kegiatan ini dapat menanamkan kesadaran peduli lingkungan di diri setiap warga sekolah, terutama para siswa.

“Kegiatan kami ini sebenarnya banyak sekali karena itu berhubungan dengan program sekolah juga, apa lagi dtprogram kita untuk lingkugan ini dalam setiap bulannya, kita dalam waktu 2 hari ya, 2 hari dalam satu bulan itu anak anak tidak belajar didalam kelas melainkan pembelajaran mengenai sebuah lingkungan, lingkungan itu bisa apa saja.” Kata Fitriyani, Kepala SMPN 6 Tanjung.

Kegiatan lingkungan yang digelar pihak sekolah kali ini turut dihadiri perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, sebagai bentuk dukungan dalam program adiwiyata sekolah. Sekretaris DLH Tabalong, haris Fakhrozi berharap kegiatan ini terus berlanjut, sehingga para siswa bisa menjadi bagian dalam mengendalikan perubahan iklim dari tingkat dasar.

“Saya kira itu semoga kegiatan kita ini, ada sustainable keberlanjutan ya tidak hanya sesaat saja. Sesaat nya apa, saat kita mau mengikuti apresiasi atau penghargaan saja tapi ini walaupun tidak ada apresiasi atau pun nominasi ditingkat nasional maupun provinsi kabupaten, tapi ini tetap dilakukan, nah sehingga generasi kita generasi khususnya adek adek kita yang masih sekolah bisa mengetahui bagaimana kita mengendalikan perubahan iklim ini dari tingkat dasar dulu.” Kata Haris Fakhrozi, Sekretaris DLH Tabalong.

Dalam kesempatan ini Haris juga menyampaikan komitmen Pemkab Tabalong, dalam mendukung dari segi pembinaan maupun sarana dan prasarana untuk kegiatan adiwiyata. Program adiwiyata sendiri merupakan program pemerintah dalam menanamkan perilaku peduli lingkungan di tingkat sekolah. (Dano Nafarin).

Related Articles

Leave a Comment